Apa itu Kreatifitas ?
Kreatifitas adalah proses problem solving dengan solusi yang Relevan (Relevance) dan terdapat Keunikan Original (Novelty).
Creative Thinking
- Physical Distance: gap antara ruang dan waktu terhadap customer
- Economic Distance: gap antara price dan value yang disarankan customer
- Cognitive Distance: gap ide solusi yang diharapkan pelanggan
- Behavioral Distance: gap harapan perilaku pelanggan dan kenyataan perilaku
- Emotional Distance: Kepuasan pelanggan terhadap produk
Siklus Pembentukan Kreatifitas sejalan waktu
Membangkitkan Kreativitas
- Sasaran yang Challenging
- Hadapkan pada Masalah
- Spotting specific Problem
- Adanya Constraint dan Abundance
- Wild Card: Stretch the objectives
Penghambat Kreativitas
- Kebiasaan
- Keberhasilan Masa Lalu
- Tekanan atas Pendapatan
- Hanya fokus pada satu stakeholder
- Kanibalisme Produk
- Orientasi hanya pada Efisiensi
Innovation
Hasil perwujudan dari ide Kreatif
Langkah Pengembangan Inovasi
- Jabarkan masalah dengan jelas
- Jabarkan sasaran yang diinginkan
- Uraikan elemen dasar atas aspek bermasalah
- Kembangkan Creative Solution dengan Metoda yang tepat
- Implementasi rancangan solusi yang dinilai tepat
- Test dan Monitor
- Operational
Metoda Pengembangan Ide Kreatif
Kreatifitas dapat dilakukan melalui Tehnik/ Metoda berpikir Kreatif:
- Pengurangan (Substraction)
- Pengalian (Multiplication)
- Pembagian (Division)
- Penggabungansi (Unification)
- Keterhubungan (Dependency)
Metoda "Pengurangan" (Substraction)
Terbentuknya ide kreatif dengan cara mengurangi elemen dasar yang ada
![]() |
Sepeda Statis muncul karena kebutuhan olah raga bersepeda di dalam ruangan |
![]() |
Contact Lens merupakan product Kreatif dengan mengurangi frame |
Metoda "Pengalian" (Multiplication)
Meng-copy salah satu elemen dari sebuah produk atau system
![]() |
Menambah jumlah lensa diharapkan dapat mengalikan jarak |
object yang di jadikan object utama dari foto ini
Metoda "Pembagian" (Division)
Melepas salah satu atau lebih elemen dari system secara fungsi, fisik atau penyajian
Metoda "Penggabungan" (unification)
Menambahkan fungsi baru pada elemen yang sudah ada
![]() |
Harapannya dapat melakukan olah raga bersepeda dan menghasilkan Asupan daya listrik yang dapat di simpan dan digunakan kemudian. |
Metoda "Keterhubungan" (Dependency)
Suatu aktifitas terjadi akibat adanya aktifitas lain
Creative Innovation
Contoh Kasus:
Meningkatkan "Customer Value"
- Lakukan evaluasi atas kebutuhan pelanggan yang 'tersembunyi'
- Kembangkan "Emotional Value" pada produk dan service, disamping Fuctional Value.
- Rumuskan Cuatomer Need secara proactive
- Identifikasi "Unserved Market"
- Pengembangan Teknologi -> redesign "Value Chain"
Frugal Innovation
- Membangun "Game-Changing" Product & Services
- Extreme dalam Customer Centric
- Mendaya gunakan infrastruktur yang ada secara maksimal
- Redesign seluruh system Bottom-up, Digital Tranformation
- Ultimate Core Functionalities
Contoh Frugal Innovation
- South-West Air
- Amazon
- General Electric
- IBM
0 komentar:
Posting Komentar