F Polaroid Extension tube dan Reserving ring untuk lensa makro - Birkov Blog

Polaroid Extension tube dan Reserving ring untuk lensa makro

Merubah lensa biasa menjadi lenas makro bisa dilakukan dengan membalik lensa camera. Tapi posisi lensa harus tepat dan bersiko bagian sensor terkena kotoran. Satu produk dari Polaroid menawarkan ring untuk membalik lensa. Atau bisa mengunakan Extension Tube.

Kedua alat dibawah ini fungsinya membuat lensa untuk makro.
Untuk Reserving Ring digunakan dengan membalik lensa, jadi lensa yang terhubung ke bodi camera dibalik menjadi bagian depan lensa. Lensa dapat langsung difungsikan sebagai lensa makro.

Untuk Extension Tube tidak berbeda dengan pemasangan lensa DSLR ke lensa depan, tapi ditengahnya dipasangkan satu ring. Fungsinya agar dapat mengambil objek untuk makro dengan posisi lebih dekat.

Dengan menambah Extension Tube dan Reserving Ring. 

Efek gambar dengan Reserving Ring, hasil foto cukup baik tapi DoF menjadi lebih sempit. Membalik lensa dengan Reserving Ring, membuat sebuah lensa 50mm menjadi 15-24mm (gambar kanan)
Dengan Extension Tube, tampilan gambar depan menjadi lebih tajam dibanding dengan Reserving Ring. Lensa tetap memiliki milimeter yang sama dan lebih lebar. Tetapi harganya lebih mahal, tapi mempertahankan ukuran mm tetap sama (gambar kiri)

Demikain informasi dari alat tambahan dalam dunia fotogra

CONVERSATION

0 komentar:

Blogger news